Penangkal petir Flash Vectron adalah penangkal petir elektrostatis berbasis kerja ESE (Early Streamer Emission Lightning Conductor)  yang di rancang khusus untuk daerah beriklim tropis seperti halnya di Indonesia.

Prinsip kerja penangkal petir elektrostatis mengadopsi sebagian system penangkal petir radio aktif, yaitu menambah muatan pada ujung finial/splitzer agar petir selalu melilih ujung ini untuk di sambar. Perbedaan dengan system radio aktif adalah jumlah energi yang dipakai.

Untuk penangkal petir radio aktif muatan listrik dihasilkan dari proses hamburan zat berradiasi sedangkan pada penangkal petir elektrostatis energi listrik yang dihasilkan dari listrik awan yang menginduksi permukaan bumi.

Proteksi eksternal adalah instalasi dan alat-alat di luar satu struktur bangunan untuk menangkap dan menghantarkan arus petir kesistem pembumian (grounding). Dengan kata lain, proteksi eksternal berfungsi sebagai ujung tombak penangkap muatan listrik dan arus petir di areal yang telah di pasang sistem proteksi petir.

Terminal udara (Air Termination) adalah bagian sistem proteksi petir eksternal yang dikususkan untuk menangkap sambaran petir, berupa elektroda logam yang dipasang secara tegak maupun mendatar. Penangkap petir ditempatkan sedemikian rupa sehingga mampu menangkap semua sambaran petir tanpa mengenai bagian struktur yang dilindungi.